Gawai Tipis, Performa Keren Abis, dan Nggak Bikin Kantong Meringis

Asus Zenfone Max M2

Lagi-lagi ketika membicarakan persoalan di era digital pasti topiknya tidak akan jauh dari teknologi. Sesuatu hal yang sangat memberikan kemudahan dalam menjalani kehidupan saat ini. Pasti teman-teman tidak lagi asing dengan salah satu produk dari teknologi bernama ‘gawai’, benar bukan?

Hampir semua kegiatan kita bahkan bergantung pada satu genggaman tangan. Mulai dari kegiatan keseharian sampai dengan urusan pekerjaan. Bahkan untuk mencari hiburan saja kita tidak lagi perlu sering-sering keluar rumah dikarenakan adanya media sosial, game, dan sebagainya. Bagi yang tidak mau ribet dalam mengabadikan momen dan kenangan pun sekarang tidak perlu repot membawa kamera ke sana ke mari. Gawai adalah jawaban dari semua persoalan di atas.

Semakin ke sini, kecanggihan dari gawai pun semakin gencar dipamerkan. Bukan hanya spesifikasi yang diadu, melainkan juga penampilan dan desain yang tidak kalah dipertontonkan. Produsen dari gawai pun berbondong-bondong menyasar semua kalangan dengan memperhatikan pasar dan selera konsumen yang beragam. Akan tetapi, rata-rata pasti menginginkan gawai yang tipis, performa yang keren abis, tapi tidak membuat kantong meringis.

Bagi yang mengaku kekinian, yuk kenalan dulu sama Asus Zenfone MAX M2.

Ponsel pintar yang rilis pada tanggal 11 Desember 2018 ini wajib untuk dilirik. Asus memang menjadi salah satu produsen alat elektronik yang sangat rajin berinovasi. Untuk gawai yang satu ini spesifikasi dan performanya tidak bisa dianggap biasa saja. Mau tahu keunggulan produk ponsel pintar dari Asus ini?

Nyawa tahan lama

 Asus Zenfone Max M2
Sumber : Asus Indonesia

Komponen yang amat sangat dipertimbangkan dalam memilih gawai adalah baterai. Dengan kapasitas baterai jumbo sebesar 4000 mAh, maka Zenfone MAX M2 ini siap menemani aktivitas kita seharian penuh. Bahkan dalam pemakaian wajar — tanpa media sosial dan game — bisa tahan sampai dengan dua hari. Akan tetapi jangan salah, meskipun kapasitas baterainya jumbo, dalam pengisian ulang baterai sudah mendukung kemampuan fast charging.

Dukungan penuh prosesor Qualcomm Snapdragon 632

Snapdragon 632
Sumber : Qualcomm

Dilansir dari situs resmi Qualcomm sendiri, Qualcomm mengklaim bahwa kinerja CPU pada Snapdragon 632 meningkat 40 persen dan kemampuan olah grafisnya meningkat 10 persen dibanding Snapdragon 626.

Prosesor ini termasuk ke dalam golongan yang lebih mengutamakan efisiensi daya, sehingga ia dapat memberikan keseimbangan antara performa dan konsumsi daya. Performa tinggi, tetapi hemat daya dan tidak panas. Bahkan Zenfone Max M2 ini di gadang-gadang memiliki peningkatan performa 1,75 kali dari pendahulunya yaitu Zenfone Max M1.

Performa mumpuni

Sesuai dengan tagline #NextGenerationGaming, performa Zenfone Max M2 dalam memainkan game memang sangat ok. Game Free Fire pun dapat dengan enteng ditaklukan.

Asus Zenfone Max M2
Sumber : Blog Oom Yahya

Di laman resminya sendiri, gawai dengan sistem operasi Android Oreo 8.0 ini memperlihatkan hasil skor antutu sebesar 103.372.  Berbeda jauh dengan performa gawai yang masih menggunakan Snapdragon 625 yang menunjukkan hasil skor antutu sebesar 78.202. Perbedaan skor antutu mencapai 25.000 poin. Sungguh perbedaan yang begitu kentara.

Sudah jelas bahwa Zenfone Max M2 ini menjanjikan performa yang memadai untuk main game, dengan kata lain ponsel pintar ini sangat ringan untuk bermain game.

Kamera yang bersahabat

Salah satu spesifikasi yang sangat diperhitungkan oleh kaum kekinian, yaitu kamera. Hasil foto dari kamera Zenfone Max M2 ini bisa dikatakan cukup ciamik.

Asus Zenfone Max M2

Kamera Zenfone Max M2 dilengkapi dengan dua kamera belakang berkekuatan 13 MP dan 2 MP serta kamera depan sebesar 8 MP. Kamera belakangnya memiliki fitur AI fotografi atau AI Scene Detection; dan lima mode kamera seperti auto, beauty, potrait, pro, dan HDR.

Dengan adanya AI fotografi, maka secara otomatis ia akan mendeteksi objek dan mengoptimasi pengaturan foto sehingga memberikan hasil yang terbaik.

Sedangkan kamera depannya dilengkapi fitur filter sebanyak sembilan variasi dan empat mode kamera. Nah, dengan begitu untuk keperluan sehari-hari atau mengabadikan momen, kamera ini kualitasnya boleh dibilang cukup baik.

Layar dan body yang memanjakan

Era kekinian saat ini dimeriahkan oleh penampilan dari gawai yang tidak kalah kekinian. Ukuran layar cukup lebar dan desain yang kece rupanya tak kalah dijadikan pertimbangan. Zenfone Max M2 yang tipis ini hadir dalam tiga varian warna yang terlihat elegan dan mewah, yaitu warna Midnight Black, Space Blue, dan Meteor Silver. Dengan desain metal body-nya ini, Zenfone Max M2 mampu memberikan kesan premium tanpa terlihat besar.

Asus Zenfone Max M2
Sumber gambar : Asus Indonesia

Gawai ini sangat pas dan terasa nyaman saat digenggam, meskipun ukuran layarnya yang cukup besar. Layar dari Zenfone Max M2 adalah all-screen berukuran 6,3 inci dengan rasio 19:9.  Dengan ukuran sebesar ini, tentu saja memungkinkan kita dapat melihat dengan lebih leluasa dan memberikan sensasi menonton yang lebih sempurna.  Apalagi layarnya sudah berponi, kekinian sekali bukan?

Untuk resolusi layarnya sendiri adalah 1520 x 720. Memang tidak terbilang sangat besar, tetapi untuk keperluan sehari-hari bisa dibilang lebih dari sekadar kata cukup.

Kualitas audio memesona

 Zenfone Max M2
Sumber gambar : Asus Indonesia

ZenFone Max M2 menggunakan 5 magnet speaker dengan lapisan metal dan amplifier NXP dengan distorsi rendah sehingga suara yang akan dihasilkan dijamin jernih dan jelas.

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Zenfone Max M2 ini sangat layak dijadikan pilihan. Dibanderol dengan harga Rp2.299.000 untuk RAM 3 GB dan memori internal 32 GB; dan juga Rp2.699.000 untuk RAM sebesar 4 GB dan memori internal 64 GB. Jika dikaitkan dengan kecerdasannya, ponsel pintar yang satu ini dikatakan sangat terjangkau.

Dibekali dengan kapasitas baterai jumbo dan tahan lama; dan prosesor dengan kinerja luar biasa, maka ponsel pintar ini sangat cocok untuk keperluan harian. Apalagi bagi yang suka bermain game. Kalau tidak terlalu suka main game berarti tidak cocok? Tentu saja tidak.

Bagaimana menurut kamu? Kalau sudah tertarik, sepertinya kamu perlu menempatkan gawai ini di daftar pilihan ponsel pintar terjangkau yang tangguh. Jangan-jangan kamu masih penasaran apakah Asus Zenfone Max M2 sebagus ini? Silakan cek spesifikasinya di bawah ini atau bisa langsung kunjungi web resminya Asus

Spesfikasi

Prosesor CPU: Qualcomm® Snapdragon™ 632 Mobile Platform with 14nm, 64-bit Octa-core Processor

GPU: Qualcomm® Adreno™ 506

RAM  LPDDR3 3GB / 4GB
Ruang Penyimpanan Memori internal: 32GB / 64GB

Kartu MicroSD: mendukung sampai 2 TB

Berat dan dimensi Panjang: 158mm (6,22 inci)

Lebar: 76mm (2.99 inci)

Tebal: 7.7mm (0.30 inci)

Berat: 160 gram (5.64 ons)

Layar 6.3-inch HD+ (1520 by 720) IPS display

88% screen-to-body ratio

Front 2.5D curved glass

Capacitive touch panel with 10 points multi-touch

Triple slot Dual SIM & one microSD card

Slot 1: 2G/3G/4G Nano SIM Card

Slot 2: 2G/3G/4G Nano SIM card

Slot 3: Mendukung sampai 2TB kartu microSD

Kamera Belakang KAMERA UTAMA

13MP

F1.8 aperture

26mm equivalent focal length in 35mm film camera

Phase-detection autofocus

LED flash

AI Fotografi:

AI Scene Detection in 13 types: people, food, dog, cat, sunset, sky, green field, ocean, flower, plant, snow, stage, text

Mode Kamera:

Auto

Beauty

Portrait

Pro

HDR

Sports

Night

9 various filters

KAMERA PENDUKUNG

2MP

Depth sensing

Kamera Depan 8MP

F2.0 aperture

26mm equivalent focal length in 35mm film camera

Softlight LED Flash

Face recognition unlock

Mode Kamera:

Auto

Beauty

Sports

Night

9 various filters

Perekam video 4K UHD (3840 by 2160) video recording for main rear camera

1080p FHD video recording at 30 fps

720p HD video recording at 30 fps

3-axis electronic image stabilization for rear camera

Take still photo while recording video

Audio

Speaker: 5-magnet speaker with NXP smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect

Audio Output: Audio CODEC integrated into PMIC, NXP smart amplifier

Microphone: Dual microphones with ASUS Noise Reduction Technology

FM Receiver: FM radio

Navigasi GPS, AGPS, GLONASS
Sensor Rear fingerprint sensor (0.3 seconds unlock, supports 5 fingerprints), Accelerator, E-Compass, Gyroscope, Proximity sensor, Ambient light sensor
Sistem Operasi

Stock Android™ Oreo™

Baterai

4000 mAh dengan fast charging

Up to 33 days 4G standby

Up to 35 hours 3G talk time

Up to 22 hours Wi-Fi web browsing

Up to 21 hours video playback

Up to 8 hours Garena Free Fire

 

Advertisements

14 Comments Add yours

  1. Rohmahdg says:

    Hehhee nyawa Zenfone max M2 bisa bertahan lama hingga beberapa hari yah mbak hhee
    KEren pokokknya smartphone gaming satu ini, hehheee
    Sukses dan salam kenal, mbak ^_^

    Like

    1. Riza Isna Khoirun Nisa says:

      Iya, bener banget Mbak. Spesifikasi dan harga yang terjangkau bikin mupeng deh. Asus memang TOP!
      Terima kasih sudah berkunjung Mbak. Salam kenal juga dari saya, salam hangat dari Jogja ya.

      Like

  2. Lidha says:

    saya suka kesimpulannya, kalau gak cocok gaming atau gak ngegame pun bisa tetap sejodoh dengan hape ini. Toh kerjaan sehari2 dengan hape pun banyak kan

    Like

    1. Riza Isna Khoirun Nisa says:

      Hehe, bener Mbak. Hanya karena nggak terlalu suka nge-game bukan berarti gawai ini nggak cocok untuk dimiliki.
      Ohiya, terima kasih sudah bersedia untuk bertandang ke sini, salam kenal dari saya. 🙂

      Like

  3. Memang smartphone yang satu ini bikin mupeng dan pantas untuk di pinang… mudah2an saja ditahun ini tercapai lah buat meminang si dia.. *Max M2 maksudnya

    Like

    1. Riza Isna Khoirun Nisa says:

      Iya, benar sekali. Banyak yang berlomba-lomba untuk bisa mendapatkan gawai tangguh yang satu ini. Aamiin.
      Terima kasih sudah bersedia bertandang di blog sederhana ini.

      Like

  4. Ponselnya bikin mupeng, sayang meski spesifikasi canggih namun tetap saja terasa mengawang bagi saya karena harga mendekati netbook baru, he he. Yah, semga saja setelah punya tablet dan netbook, baru bisa beli ASUS Zenfone yang ini. Saya naksis fitur kameranya, dan kalau game lumayan untuk anak karena tahan panas. Ponsel saya saja mudah panas.
    Cara penyampaian Mbak bagus, tuh. Info disajikan dengan cara yang bikin nyaman pembaca karena tak kayak katalogg. Tak kaku dan diselingi dengan gambar penunjang yang tata letaknya pas.

    Like

    1. Riza Isna Khoirun Nisa says:

      Hehe. Begitu pun dengan saya, Mbak. Apalagi status saya masih pelajar dan untuk persoalan uang pun juga masih sering minta ke orangtua. Namun, kalau melihat spesifikasinya sepertinya cukup sebanding dengan harganya.
      Aamiin, semoga jalannya dimudahkan ya, Mbak. Dibukakan pintur rezekinya dan semoga ketika sudah terwujud dapat memberi manfaat.
      Aduh, saya malu. Tapi kalau dibandingkan teman-teman narablog lain yang sudah berpengalaman tentu saya harus belajar lebih dari mereka dan Mbak Rohyati sendiri. Dalam mengemas tulisan masih mencoba untuk memposisikan diri saya bukan hanya sebagai penulis, melainkan juga pembaca, Mbak. Mohon doanya semoga ke depannya akan lebih baik ya. 🙂

      Like

      1. Wow, masih pelajar? Duh, malah kagum soalnya pelajar yang bergiat dalam ranah blog secara serius menggarapnya adalah hal yang jarang. Dulu saya kenal banyak narablog yang masih pelajar namun mereka jarang ada yang rapi dan serius garap blog dengan memperhatikan kaidah isi serta cara penyampaian dengan selaras.
        Doa yang baik untuk Mbak Riza. Aamiin.
        Kita sama belajar, Mbak, sebagai pembaca juga. Ya, saling belajar dengan melakukan kunjungan balik atau jelajah blog karena inilah arti silaturahmi positif berkat blog, ada transfer ilmu pengetahuan dan pengalaman. Juga masukan seperti kritik dan saran.
        Tetap semangat, ya.

        Like

      2. Riza Isna Khoirun Nisa says:

        Iya Mbak. Statusnya sih gap year (kemarin nunda kuliah di tahun 2018, insyaallah tahun ini kuliah). Mohon doanya ya Mbak. Masih bisa dibilang pelajar kan? Lifelong learner, hehe.
        Saya masih berusaha untuk bisa bertanggung jawab terhadap apa yang sudah saya tulis Mbak. Karena tulisan itu mempunyai peran dalam mengarahkan pemikiran dari si pembaca itu sendiri. Sungguh, itu berat. Apalagi tulisan tersebut diunggah di media yang bersifat publik. Mulai dari bagaimana kita memilih kata yang pas supaya meminimalisasi perbedaan poin yang disampaikan dari penulis kepada pembaca; sampai dengan tujuan penulisannya itu sendiri. Awalnya saya terbiasa menulis rapi (maksudnya tanpa menyingkat kata) di WhatsApp dan SMS. Hingga akhirnya saya senang menulis (sebisa mungkin) dengan memperhatikan kaidah EBI. Ditambah lagi adanya materi Bahasa Indonesia untuk tes masuk perguruan tinggi nanti, maka semakin dekatlah saya dengan PUEBI dan kawannya.
        Aamiin ya Allah.
        Perlahan-lahan saya mulai melakukan jelajah blog Mbak. Alhamdulillah terinspirasi dari Mbak Rohyati. Benar Mbak, saya mulai menemukan pengetahuan yang baru. Saya belajar banyak dari Mbak bagaimana etika ketika melakukan jelajah blog, salah satunya adalah cara penyampaiannya.
        Iya Mbak. Semoga semangat kita selalu membara. 🙂

        Like

  5. aldhi fajar maudhi says:

    Revoew yang bagus nih mbak, Performa tinggi, baterai awet dan tahan panas, Zenfone MAx M2 juaranya
    semoga berhasil bisa mendapatkannya ya kak
    salam kneal 🙂

    Like

    1. Riza Isna Khoirun Nisa says:

      Alhamdulillah, tapi masih kalah jauh dari tulisannya Mas Aldhi yang bisa mengulas secara rinci. Hehehe
      Memang kalau dambaan semua umat banyak yang berlomba-lomba untuk mendapatkan ya.
      Salam kenal kembali

      Like

  6. joecandra18 says:

    baterainya itu lho kak gede, soalnya aku sering traveling, kayaknya seru tuh dibawa traveling skalian buat moto dan vlog hehehe

    Like

    1. Riza Isna Khoirun Nisa says:

      Hehe. Iya Kak. Cocok banget itu mah. Semoga bisa meminang si Zenfone Max M2 ini.

      Like

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s